Daya baterai yang tinggi dan tahan lama merupakan salah satu kriteria penting bagi pengguna tablet PC. Pasalnya, penggunaan tablet PC biasanya tidak menetap pada satu lokasi tertentu. Ketika baterai habis dan tidak ada colokan yang tersedia, maka saat itulah kepala menjadi pusing.

Namun, baterai yang tahan lama saja belum cukup. Sebagai pengguna sejati tablet PC, kamu juga perlu tahu bagaimana memaksimalkan daya baterai. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa tips yang bisa kamu manfaatkan. Yuk, simak!

Fitur Battery Saver

fitur battery saver untuk memaksimalkan daya baterai

Cara pertama yang dapat kamu coba untuk memaksimalkan daya baterai di Windows 10 adalah dengan melakukan setting penyesuaian baterai pada device-mu.

Kamu dapat menekan tombol Start untuk kemudian memilih menu Setting, atau bisa juga menggunakan shortcut keyboard cukup dengan menekan tombol command “WIN+I”. Pilih System, kemudian fitur Battery Saver.

overview battery saver

Di sana, kamu dapat mempelajari konsumsi baterai yang terjadi dalam kurun waktu tertentu dengan menekan fitur “Battery Use”. Dengan mengetahui aplikasi mana yang cukup boros, kamu bisa lebih bijak dan dapat memaksimalkan daya baterai di Windows 10 secara optimal.

Beberapa aplikasi memang hanya akan berjalan jika kita mengaktifkannya, namun terdapat juga beberapa aplikasi yang bertindak sebagai background app atau aplikasi ‘belakang layar’ yang mana secara otomatis akan dijalankan. Coba saja tekan “Change background app setting” untuk menyesuaikan aplikasi mana saja yang kamu butuhkan.

customize battery saver setting untuk memaksimalkan daya baterai

Selain itu, kamu juga bisa mengkustomisasi pada bagian “Change battery saver setting”. Berikan centang pada bagian “Turn Battery saver on automatically if my battery falls below:” dan “Lower screen brightness while in battery saver” agar dapat lebih memaksimalkan daya baterai yang tersisa.

setting battery saver

Dua puluh sampai tiga puluh persen adalah angka yang pas untuk menghemat baterai agar kamu tidak tergesa-gesa mencari sumber listrik untuk melakukan isi ulang baterai.

Jika kamu ingin tetap menerima notifikasi dari aplikasi tertentu selama masa Battery Saver sedang aktif, kamu bisa memasukkan aplikasi tersebut dengan mendaftarkan ke dalam list “Always allowed”.

Kustomisasi pada Power & sleep setting

atur setting power & sleep untuk memaksimalkan daya baterai

Battery saver saja tidak cukup lho untuk memaksimalkan daya baterai device-mu. Pasalnya, terkadang saat kamu meninggalkan device dalam kurun waktu tertentu, konsumsi baterai akan terus berjalan jika layar dan sistem masih berjalan.

Untuk itu, kamu bisa mengatur agar Windows dapat secara otomatis membantu kamu untuk menghemat penggunaan baterai.

Ada dua kondisi device yang dapat kamu sesuaikan, yaitu saat device sedang menggunakan baterai sebagai sumber listrik, atau saat dalam kondisi charging.

Kamu bebas mengaturnya sesuai dengan kesibukan dan intensitas penggunaan. Kapan dan berapa lama waktu yang pas untuk mematikan tampilan pada layar, sampai membuat device ke status Sleep.

atur power plan di tablet pc windows 10

Kamu juga bisa memilih “Additional power setting” sebagai alternatif untuk mengatur rencana penggunaan daya baterai. Terdapat 2 jenis mode yang dapat kamu atur, namun pastikan kamu memilih mode “Balanced” untuk dapat memaksimalkan daya baterai. Jika ingin mengubah lebih lanjut, klik pada pilihan “Change plan settings” dan lakukan penyesuaian yang dibutuhkan.

Pengaturan Display management

color management membantu memaksimalkan daya baterai

Hal lain yang perlu kamu perhatikan agar dapat memaksimalkan daya baterai adalah dengan penggunaan warna yang terang pada desktop background.

Tips sederhana yang layak kamu coba dengan menggunakan pilihan warna dasar seperti hitam atau abu-abu, daripada memilih foto atau gambar yang mengandung warna terang.

Pergilah ke Color Setting, kemudian aktifkan pilihan “Automatically pick an accent color from my background“. Hal terakhir yang kamu harus lakukan dengan mematikan kedua fitur berikut:

Show color on Start, taskbar, and action center“, dan “Make Start, taskbar, and action center transparent“.


Itulah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk memaksimalkan daya baterai di Windows 10. Sekarang, kamu tidak perlu lagi khawatir untuk bekerja lebih lama tanpa colokan listrik yang tersedia dengan menerapkan tips-tips di atas.

 

Sumber Gambar Utama: Isaac Bowen
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s