Jika kamu baru memakai Windows 10, kamu mungkin tahu bahwa satu-satunya cara mengakses internet adalah via aplikasi browser Microsoft Edge. Namun, apakah Microsoft Edge sudah mencukupi kebutuhan berselancar kita di internet? Ternyata, ada banyak sekali pilihan browser untuk Windows 10 yang bisa dicoba, lho!

Berikut kami ulas 4 aplikasi browser untuk Windows 10, lengkap dengan kelebihan maupun kekurangan masing-masing. Jadi, browser mana yang paling cocok untuk kamu? Apakah kamu lebih suka yang ringan dan cepat? Atau mungkin yang punya fitur unik? Langsung disimak saja ya!

1. Microsoft Edge

microsoft edge browser untuk windows 10

Sumber: marcyscreed2013

Microsoft Edge adalah browser yang disertakan bersama Windows 10. Browser untuk Windows 10 ini dapat dibilang spesial karena diciptakan sebagai pengganti Internet Explorer di versi-versi Windows terdahulu. Browser buatan Microsoft ini memiliki tampilan flat design yang modern dan minimalis, sehingga layar web tampak maksimal dan nyaman dibaca.

Selain itu, Microsoft Edge juga diintegrasikan dengan aplikasi asisten pribadi terbaru Windows 10, yaitu Cortana. Ketika berselancar, Cortana dapat memberikan berbagai saran seperti memunculkan lirik ketika sedang menonton video musik ataupun mencarikan kupon diskon ketika sedang berbelanja online. Kamu juga dapat mengaktifkan Cortana hanya dengan menggunakan suara, tanpa perlu mengetik perintah secara langsung.

Jika kamu menggunakan tablet PC, Microsoft Edge menawarkan fitur anotasi pada halaman web, serta reading mode yang membuat tulisan lebih nyaman untuk dibaca. Kedua fitur ini cocok untuk kamu yang suka menulis atau membaca di tablet PC! Sayangnya Microsoft Edge masih belum begitu mendukung adanya kustomisasi. Sejauh ini, extension (fitur tambahan) yang disediakan juga masih sedikit jumlahnya.

Kelebihan: tampilan simpel, ringan, dan nyaman digunakan di tablet PC.

Kekurangan: jumlah extension masih sedikit dan kurang mendukung kustomisasi.

2. Firefox

browser windows 10 firefox

Sumber: Robert Kalser

Firefox dikembangkan oleh Mozilla Corporation sebagai browser open-source, yaitu browser gratis yang boleh didistribusikan dan dimodifikasi oleh publik. Oleh sebab itulah tingkat penggunaan Firefox sempat tumbuh pesat. Bukan hanya gratis, tetapi Firefox juga handal dan bisa dikustomisasi sesuai dengan keinginan pengguna!

Sistem open-source yang diterapkan dalam Firefox juga memiliki berbagai keuntungan selain kustomisasi. Seringnya pembaruan dan bug fix yang dilakukan juga membuat stabilitas dan keamanan browser lebih terjamin. Selain itu, Firefox juga memiliki ribuan extension dengan berbagai macam fungsi untuk meningkatkan kualitas berselancar di internet.

Kelebihan: kustomisasi mudah dan keamanan tinggi.

Kekurangan: memakan banyak memori.

3. Google Chrome

browser terbaik windows 10 google chrome

Sumber: Simon

Siapa sih yang tidak kenal Google? Perusahaan yang menciptakan mesin pencari web Google Search ini juga mengembangkan web browser bernama Google Chrome. Salah satu browser untuk Windows 10 ini ternyata adalah browser yang paling laris di dunia! Apa sih kelebihannya?

Keunggulan utama Google Chrome dibanding pesaing-pesaingnya adalah kecepatan memuat halaman saat berselancar. Tampilan yang sederhana dan mudah dimengerti, serta pilihan kustomisasi juga merupakan daya tarik tersendiri dari Google Chrome. Google Chrome juga lebih mendukung HTML5, standar struktur terbaru dari halaman web dibandingkan browser lainnya.

Akan tetapi, ada beberapa kekhawatiran akan keamanan dari segi privasi dimana jejak internet kamu dilacak dan dapat digunakan oleh Google. Di satu sisi Google Chrome dapat memberikan rekomendasi sesuai dengan preferensi kita, tapi di sisi yang lain tentu kita tidak ingin informasi pribadi kita diketahui pihak luar, bukan?

Kelebihan: kecepatan tinggi dan mudah digunakan.

Kekurangan: kekhawatiran akan privasi.

4. Opera

opera browser untuk windows 10

Sumber: andreas

Browser garapan Opera Software ini memiliki beberapa ciri khas yang tidak dimiliki browser-browser lainnya. Opera adalah salah satu pilihan browser untuk Windows 10 terbaik karena memiliki fitur bernama Opera Turbo, dimana ukuran halaman web yang diakses dapat diperkecil hingga 80 persen! Cocok untuk kamu yang tidak memiliki koneksi internet cepat.

Opera juga memiliki fitur bernama mouse gesture, dimana kamu dapat menjalankan berbagai fungsi browser hanya dengan sedikit gerakan mouse. Dengan dirilisnya Windows 10 yang mendukung tablet PC, Opera pun memperbarui fitur ini sehingga bisa menggunakan sentuhan jari. Opera juga dilengkapi fitur ad-block yang dapat menangkal iklan-iklan saat kita berselancar.

Walaupun memiliki beberapa fitur unik, bukan berarti Opera tidak memiliki kelebihan lain. Opera adalah salah satu browser untuk Windows 10 yang paling ringan dan cepat. Keamanan Opera juga tidak kalah dengan browser lainnya.

Kelebihan: performa baik walaupun koneksi internet pelan.

Kekurangan: tidak begitu banyak extension dan kurang ramah untuk pengguna pemula.


Bagaimana? Apakah kamu sudah menentukan pilihan browser untuk Windows 10 kamu?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s