Cortana adalah Artificial Intelligence yang dikembangkan oleh Microsoft dan pertama kali diperkenalkan ketika Windows 10 diluncurkan. Hadir dengan tujuan untuk memudahkan para pengguna Windows 10, Cortana memiliki fungsi yang komplit. Terlebih lagi, dengan adanya fitur voice command, kamu bisa memberikan instruksi kepada Cortana tanpa harus mengetik di keyboard atau menyentuh layar. Berikut adalah 10 fungsi Cortana yang dapat kamu coba.

1. Launch program via Cortana

fungsi launch program cortana

Persingkat waktumu saat mencari aplikasi atau program yang sedang kamu butuhkan dengan fungsi Cortana. Daripada kamu harus mencari icon aplikasi satu per satu, kamu cukup ‘menyuruh’ Cortana untuk menjalankan aplikasi yang kamu butuhkan. Kamu cukup sebut saja “Launch Google”, “Open Skype” atau instruksi lainnya.

2. Pencarian dengan bahasa yang manusiawi

cortana mengerti bahasa manusia

Ketika ingin mencari file yang disimpan pada komputer, misalnya foto, lagu, atau dokumen kerja, kamu menjadi kerepotan karena isinya sudah terlalu banyak. Mau tau cara cepatnya? Coba deh berikan instruksi kepada Cortana dengan nama file yang jelas, seperti: “Find me a picture of spiderman”

3. Reminder dan event

cortana reminder

Bagi kamu yang cukup sering melupakan waktu karena terlalu banyak agenda yang harus dijalankan, Cortana bisa berperan sebagai asisten yang selalu mengingatkan jadwal kegiatan kamu. Beritahu saja Cortana kapan, dimana, dan siapa orang yang akan kamu temui, misalnya “Remind me to meet Jack at 5 P.M” atau “Remind me to mop the floor when I get home.”

4. Alarm

fungsi alarm cortana

Cortana juga dapat berfungsi sebagai alarm untuk membangunkan tidurmu, lho. Kamu cukup memberi arahan dengan instruksi seperti “Wake me up in 8 hours” atau “Set an alarm for 9 AM on Sunday”.

5. Navigasi

fungsi navigasi cortana

Bingung menentukan jalan saat hendak berpergian? Coba gunakan fungsi Cortana dengan menanyakan kondisi lalu lintas, mengatur rencana perjalanan, atau sekedar menanyakan lokasi kamu saat ini. Kamu bisa memberi intstruksi, seperti “Where am i?”, “What is traffic like on the way to Central Park Mall?”, dan “Show me driving direction to my home.”

6. Email

mengirim email dari cortana

Buat kamu yang sering berbalas-balas email dengan rekan kerja, kini kamu juga bisa memanfaatkan fungsi Cortana untuk urusan mengetik. Kamu cukup mengeluarkan kalimat seolah sedang berbicara dengan rekan kerja dan Cortana akan melakukan pengetikan serta mengirimkan kepada yang bersangkutan. Namun ingat, kamu harus melakukan pengaturan akun email terlebih dahulu.

7. Kalkulator

fungsi kalkulator cortana

Malas menghitung? Gunakan fungsi Cortana untuk melakukan kalkulasi yang sederhana sampai yang rumit tanpa harus membuka aplikasi kalkulator. Cukup berikan angka dan operasi perhitungan saja dan Cortana akan menjawab semuanya!

8. Konversi mata uang

fungsi konversi mata uang cortana

Kamu memiliki investasi mata uang asing, seperti dollar? Atau sedang berencana untuk berbelanja ke luar negeri dengan mata uang asing? Cari tahu harga konversi mata uang dengan bantuan dari Cortana.

9. Cuaca

fungsi prediksi cuaca cortana

Kamu mau berpergian tapi takut terhambat kondisi cuaca? Cortana dapat membantu mengetahui perkiraan cuaca bahkan hingga 1 minggu ke depan. Cukup tanyakan “How is the weather?” kepada Cortana.

10. Perluas wawasan

perluas wawasanmu dengan cortana

Hal menarik lainnya adalah kamu bisa memperluas wawasan dengan Cortana, lho. Tanyakan saja apa yang ingin kamu ketahui, Cortana akan segera mencari jawaban di search engine (mesin pencari) yang terhubung dengan internet. Misalnya, “What is Hobbit?” atau “Tell me a story about Snow White.”

Bonus: Search engine

search engine cortana

Sumber: wikimedia

Cortana menggunakan BING sebagai search engine (mesin pencari) utama dalam melakukan pencarian. Jika kamu sudah terbiasa dengan Google, kamu bisa mengubah setting dengan menambahkan extension bernama “Chrometana” Google Chrome.


Itu dia beberapa fungsi Cortana yang dapat memudahkan pekerjaan kamu di Windows 10. Namun, seluruh fungsi tersebut akan lebih mudah digunakan jika kamu memiliki tablet PC 2-in-1. Dengan ukuran yang minimalis, ringan ketika dibawa, serta biaya terjangkau, tablet PC menjadi pilihan yang pas untuk mendukung performa kerjamu.

Sumber Gambar Utama: Wikimedia
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s